Contoh Pantun Lengkap

Contoh Lengkap Pantun – Kali ini rumusbilangan akan membahas artikel tentang Pantun, apakah ada yang tahu apa itu Pantun? Puisi berbeda dari puisi. Puisi adalah karya sastra yang melibatkan ritme, matra dan ritme dan ekspresi sesuai dengan tema puisi.

Adapun Pantun, mari kita lihat Pantun di bawah ini:

Pengertian Pantun

Pantun adalah jenis karya sastra lama yang terdiri dari 2 bagian penting, yaitu dalam bentuk lampiran dan konten. Menimbang bahwa lampiran biasanya ditemukan di baris pertama dan di baris kedua di Pantun, sedangkan Fill in the Pantun ada di baris ketiga dan di baris keempat. Puisi yang sama terdiri dari empat baris dan dari setiap baris terdiri dari 8 hingga 12 suku kata yang terdiri dari irama silang, a-b-a-b, irama yang indah dan mengandung berbagai arti yang sangat penting.

fitur
Pantun memiliki fitur khusus yang biasa digunakan untuk membedakannya dari jenis Puisi Lama lainnya. Fitur pantun adalah sebagai berikut:

Puisi itu memiliki kamar, kamar masing-masing sajak yang terdiri dari 4 baris atau baris, dari setiap ayat dalam sajak yang terdiri dari 4 baris kata, yang terdiri dari sajak dan konten sajak.
Array terdiri dari 8 hingga 12 suku kata, batasan kata dalam puisi karena pada awalnya Pantun hanya sebuah karya lisan yang dibuat sangat singkat, sehingga mudah diucapkan.
Lampiran dan isi sajak, baris pertama dan kedua dari sajak umumnya disebut sebagai sampiran atau pengantar sajak. Sementara pada baris ketiga dan keempat, isi puisi ditemukan dalam bentuk pesan yang ditujukan kepada pembaca atau pendengar.

Memiliki sajak, sajak adalah setara suara dari setiap akhir kata atau akhir huruf yang terkandung dalam setiap array. Sajak Pantun memiliki model a-b-a-b atau model a-a-a-a.

Struktur penulisan

Dari setiap Pantun itu terdiri dari dua elemen penting yang dapat membentuknya secara keseluruhan. Struktur teks Pantun adalah sebagai berikut:

Terlampir, bagian dari lampiran ada di baris pertama dan di baris kedua. Dalam sampel ini mereka biasanya tidak saling berhubungan dengan bagian-bagian dari Konten Pantun.
Sedangkan isi Pantun diposisikan sebagian atau terdapat pada baris ketiga dan keempat. Bagian dari isi puisi biasanya berisi makna yang terkandung dalam puisi itu sendiri.

Aturan linguistik
Aturan linguistik yang umum digunakan dalam Pantun sangat berbeda dari teks-teks lainnya. Mengenai Aturan Bahasa untuk teks Pantun sebagai berikut:

Dikte: pilihan kata-kata yang sangat tepat dan tepat dalam penggunaannya berfungsi sebagai sarana menyampaikan ide atau gagasan pikiran sehingga dampak tertentu diperoleh seperti yang diharapkan.
Bahasa metaforis: itu adalah bahasa yang biasanya digunakan oleh penyanyi, berguna untuk secara tidak langsung menunjukkan makna yang terkandung dalam Pantun. Biasanya bahasa kiasan yang digunakan adalah Amsal atau Frasa.

Gambar: biasanya diindikasikan sebagai deskripsi yang dibuat oleh penyanyi yang secara tidak langsung. Seolah-olah apa yang dijelaskan dalam teks Pantun dapat dilihat atau disebut Visual Imagery, itu dapat didengar atau Auditive Imagery dan dapat didengar atau Tattile Imagery.
Suara: suara biasanya diciptakan oleh figur retoris, gambar dan diksi yang dihasilkan ketika penyanyi memainkan Pantun. Biasanya ada unsur sajak atau sajak dan irama atau irama. berfungsi untuk memperindah Pantun dan membuatnya lebih mudah diingat.

jenis
Pantun dapat dibagi menjadi berbagai jenis, yaitu Pantun Jenaka, Pantun Anak dan lainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis sajak sebagai berikut:

Pantun Spiritual
Witty Pantun adalah jenis Pantun yang memiliki fungsi sebagai sarana menghibur orang yang membaca atau mendengarkan.

contoh:

Gajah melompat menggunakan topi
Melompat di awan seperti mimpi
Tertawa dengan tawa karena menggelitik
Lihat kucing sedang bernyanyi

Pantun Anak
Sajak untuk anak-anak adalah sejenis sajak yang berhubungan dengan kehidupan anak-anak yang dimaksudkan untuk membuat mereka merasa bahagia dan juga merupakan cara untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak.

contoh:

Burung bangau
Terbang tinggi telah menghilang
Hati ini sangat sangat bahagia
Tidak akan lama sebelum Ayah pulang

Tip pantun
Dewan Penasihat adalah jenis Pantun yang berisi bisikan, permohonan atau pesan moral kepada seseorang atau pendengar.

contoh:

Berbelanja di kota Makassar
Jangan lupa membeli kasur
Jika Anda ingin menjadi pintar
Makarajin, sedang belajar keras

Sekian dari Artikel tentang pembahasan Pantun tentang Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan sebagainya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika salah. Terima kasih

pendidikan