Obat Flu yang Aman Buat Ibu Menyusui

Bosan dengan faktor cuaca buruk tambahan bisa membuat ibu rentan sakit, terutama flu. Flu dari menag tidak berbahaya, tetapi tidak boleh diremehkan dan masih perlu perawatan. Jadi, apa obat anti-flu yang aman untuk ibu menyusui? Ayo, cari tahu jawabannya di ulasan berikut.

Bisakah ibu menyusui mengambil obat flu?

Diizinkan. Jika Anda seorang ibu menyusui yang menderita pilek dan perlu minum obat, sebagian besar obat pilek aman.

Namun, berhati-hatilah saat memilihnya. Sebagian besar obat bebas tanpa resep. Alih-alih pulih dengan cepat, memilih obat pilek yang salah malah bisa memperparah gejalanya. Pilih obat flu yang hanya mengandung satu bahan aktif dan untuk mengobati hanya satu gejala.

Sebagian besar obat flu mengandung kombinasi beberapa zat dalam satu paket. Kombinasi obat flu inilah yang harus Anda hindari. Karena mungkin ada kandungan dalam obat ini yang tidak aman untuk dikonsumsi saat menyusui.

Obat Flu yang Aman Buat Ibu Menyusui

Di bawah ini adalah daftar obat keperawatan yang aman untuk dikonsumsi.

Obat dekongestan

Dekongestan digunakan untuk meredakan hidung tersumbat karena influenza. Namun, periksa kembali isi obat. Minum dekongestan (tabel, kapsul atau sirup) yang mengandung pseudoefedrin atau fenilefrin dapat mengganggu produksi susu.

Meski begitu, beberapa ahli justru mengklaim sebaliknya. Pseudoephedrine atau phenylephedrine dalam pengobatan flu tidak akan mengganggu produksi ASI setelah terbiasa menyusui selama satu atau dua bulan. Pendapat lain juga menyatakan bahwa dekongestan aman digunakan sebagai obat flu ibu selama menyusui.

Faktanya, American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa pseudoephedrine aman untuk digunakan sebagai obat menyusui untuk ibu menyusui. Namun, jika Anda masih ragu, Anda bisa menggunakan semprotan dekongestan sebagai alternatif.

Jangan menggunakan obat terlalu lama dengan dosis berlebihan. Gunakan dosis sesuai dengan aturan penggunaan dan hanya 3-4 hari selama menyusui.

dekstrometorfan

Selain hidung tersumbat, flu biasanya juga menyebabkan batuk. Nah, untuk meringankan gejala ini, Anda bisa mengonsumsi dekstrometorfan. Dekstrometorfan berfungsi untuk mengurangi keinginan batuk.

Berdasarkan penelitian, para ahli sepakat bahwa dextrometropane aman digunakan sebagai obat menyusui untuk ibu menyusui. Ya, kandungan obat flu ini dinyatakan aman untuk ibu menyusui.

Namun, dekstrometorfan tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki riwayat asma, bronkitis, diabetes, dan diabetes. Obat ini dapat memperburuk kondisi Anda.

parasetamol

Obat penghilang rasa sakit dan obat penurun demam seperti parasetamol juga termasuk dalam daftar obat anti flu yang aman untuk ibu menyusui. Obat ini juga sering digunakan untuk menghentikan rasa sakit setelah operasi caesar.

Para ahli sepakat bahwa obat flu ini aman untuk ibu menyusui karena tidak mempengaruhi pasokan ASI. Jika Anda juga minum obat flu lain, pastikan obat yang Anda minum tidak lagi mengandung campuran parasetamol. Ini dapat menggandakan dosis obat.

Alih-alih pulih dengan cepat, obat yang diminum melebihi dosis yang disarankan justru dapat memicu masalah serius, seperti gagal ginjal. Jadi, baca tabel komposisi dengan cermat untuk setiap obat yang Anda minum.

Ibuprofen

Jika Anda tidak memiliki parasetamol di rumah, Anda bisa minum ibuprofen untuk mengurangi demam dengan mengurangi masuk angin dan sakit kepala. Ibuprofen juga dapat mengobati pilek yang disebabkan oleh infeksi sinus.

Ibuprofren aman untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui. Seperti parasetamol, obat ini tidak akan memengaruhi produksi bayi dan ASI.

Bagi mereka yang memiliki riwayat asma atau mulas, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil obat ini untuk mengobati flu.

Baca Juga :

Kesehatan