Perbedaan Hukum Pidana Dan Hukum Pidata

Pada dasarnya, di Indonesia tidak hanya ada hukum pidana dan perdata. Namun, karena kedua undang-undang ini lebih terkait dengan masyarakat, mereka lebih dikenal. Apa perbedaan antara hukum pidana dan hukum perdata?

Dilansir dari rumusrumus.com Perbedaan antara keduanya sudah cukup. Perlu untuk memahami dan memahami kedua hukum tersebut. Baca artikel ini di bagian bawah sehingga Anda dapat memahami dan memahaminya dengan lebih baik.

Memahami hukum pidana dan hukum perdata

Pada dasarnya, hukum di Indonesia lebih menganut hukum Eropa, khususnya Belanda. Hal ini disebabkan efek kolonialisme yang dilakukan oleh Belanda sebelum kemerdekaan Indonesia selama ratusan tahun.

Hukum pidana

Hukum Kriminal

Hukum pidana adalah seperangkat aturan hukum tertulis yang mengatur tindakan yang tidak boleh dilakukan atau dilarang, di bawah sanksi tertentu.

Hukum pidana berisi hak dan kepentingan individu dalam masyarakat. Hukum pidana dapat diartikan dengan berbagai interpretasi hukum perdata. Hukum pidana diberlakukan setelah gugatan.

kejahatan
Kejahatan adalah tindakan yang dilarang oleh hukum dan bertentangan dengan nilai-nilai moral, nilai-nilai agama dan rasa keadilan dalam masyarakat.

Pelaku akan menerima hukuman atau sanksi dalam bentuk hukuman. Seperti pencurian, pemerkosaan, pembunuhan dan sebagainya.

Hukum perdata

Hak sipil
Hukum perdata adalah seperangkat hukum yang mengatur hubungan antara individu dan individu lain.

Hukum perdata berisi aturan yang mengatur hubungan antar komunitas yang menekankan kepentingan individu.

Hukum perdata ditafsirkan secara otentik, dalam arti bahwa hukum ini hanya dapat ditafsirkan dengan satu makna sesuai dengan kata-kata yang terkandung dalam hukum. Hukum perdata dijatuhkan oleh pengadilan tanpa alasan.

Hukum perdata dibagi menjadi 5 kelompok hukum, yaitu:

Peraturan keluarga
Hukum keluarga adalah seluruh hukum yang mengatur ketentuan dan aturan yang berkaitan dengan hubungan hukum tentang kerabat dan perkawinan darah.

Hukum Kekayaan
Hukum properti adalah hukum yang mengatur hak asasi manusia dan kewajiban yang bernilai uang.

Perbedaan hukum pidana dan hukum perdata

Kami telah merangkumnya dalam tabel berikut mengenai perbedaan dalam hukum pidana dan hukum perdata.

  • Perbedaan antara hukum pidana dan hukum perdata
  • Bedakan hukum pidana Hukum perdata
  • Definisi hukum pidana adalah seperangkat aturan hukum tertulis yang mengatur tindakan yang tidak boleh dilakukan atau dilarang, dengan ancaman sanksi tertentu. Hukum perdata adalah seperangkat hukum yang mengatur hubungan antara individu dan individu lain.
  • Isi hukum pidana mengandung hak dan kepentingan orang-orang di masyarakat. Hukum perdata berisi aturan yang mengatur hubungan antar komunitas yang menekankan kepentingan individu.
  • Interpretasi hukum pidana dapat diartikan dengan berbagai interpretasi hukum perdata. Hukum perdata ditafsirkan secara otentik, dalam arti bahwa hukum ini hanya dapat ditafsirkan dengan satu makna sesuai dengan kata-kata yang terkandung dalam hukum.
  • Implementasi hukum pidana diberlakukan setelah gugatan. Hukum perdata dijatuhkan oleh pengadilan tanpa alasan.
  • Contoh sengketa tanah, pencemaran nama baik, perceraian, perkelahian dan paten hak asuh anak, serta banyak contoh lainnya. Pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, korupsi, penggelapan dana pajak dan obat-obatan terlarang, serta banyak contoh lainnya.

Dengan cara ini kita dapat menyampaikan definisi, penjelasan, dan perbedaan antara hukum pidana dan hukum perdata, bersama dengan contoh masing-masing dari kedua hukum tersebut.

pendidikan